#deliciouswilsa

mie laksa

 

Mie Laksa

(Lakse dalam logat melayu)

Laksa adalah makanan berbentuk mie yang terbuat dari sagu dan merupakan makanan dari gabungan kebudayaan melayu dan tionghoa yang bertekstur kenyal, bening dan berdiameter lebih tebal daripada mie. Mie Laksa ini biasanya disajikan dalam bentuk kuah dan goreng. Meskipun terlihat sederhana, namun mie laksa memiliki rasa yang enak, gurih dan mantap. Tak jarang masyarakat di Kepulauan Riau memilih laksa menjadi menu sarapan dan berbuka puasa mereka.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Mie Laksa :

Bahan Utama
500 gr mi sagu
500 gr ikan tongkol asap
1 butir kelapa parut halus
Daun pisang
5 buah asam kandis
1 ½ air kaldu dari ikan
10 lembar daun kesum/kassum
2 sdt garam
1 sdt gula pasir Minyak goreng untuk menumis (secukupnya)

Bahan Halus
50 gram teri medan(goreng kering)
25 gram ebi yang disangrai
13 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 batang serai bagian putihnya, kemudian iris tipis 5 butir cengkeh
5 buah cabai merah kering
5 buah cabai rawit
3 buah kapulaga
1 ½ ruas kunyit yang diiris tipis
1 buah pekak
1 buah pala
3 cm kulit kayu manis
3 cm lengkuas
2 sdt ketumbar
1 ½ sdt jintan putih
1 sdt merica hitam butiran
½ sdt adas manis

Bahan Tambahan
6 butir bawang merah, iris tipis
2 sendok makan cabai merah keriting, haluskan

Cara membuat :

Kukus ikan asap hingga lunak, setelah lunak kemudian anda suwir halus dan sangrai hingga beremah. Setelah matang kemudian angkat dan sisihkan. Cari daun pisang untuk alas dari laksa lingga ini, kemudian potong berbentuk bulat. Siapkan panci kemudian didihkan air, rebus hingga mie sagu anda bening dan mengkilap. Tiriskan. Setelah dingin, kemudian anda ambil mie tersebut seukuran kepalan tangan, kemudian tangkupkan di atas daun pisang dengan bentuk menggunung. Pisahkan dan diamkan hingga mengering. Haluskan bumbu halus yang sebelumnya telah anda persiapkan. Siapkan kelapa parut kemudian sangrai bersama dengan bumbu hingga kecokelatan, kemudian angkat. Setelah diangkat haluskan kembali dengan menggunakan blender. Panaskan wajan dan minyak kemudian tumis bumbu tambahan hingga harum. Masukkan ikan dan kuah kelapa, aduk rata. Masak hingga mendidih. Tambahkan asam kandis dan air kaldu ikan, kemudian masak hingga mendidih. Jangan lupa untuk memasukkan daun kesum, garam, dan gula. Setelah itu didihkan kembali masakan anda, kemudian angkat dan sisihkan.

Cara Penyajian Mie Laksa :

Siapkan terlebih dahulu mangkuk saji, kemudian susun mie yang telah dibentuk di dalam mangkuk saji. Ambil kuah yang telah anda olah lalu siramkan secara perlahan dalam mangkuk mie saji anda.

 -Mie Laksa siap disantap-  

Demikian cara membuat Mie Laksa, silahkan mencoba dirumah..

 

#DeliciousWilsa
#SumateraSatu
#SabangMerauke